Keilahian Roh Kudus


Pertanyaan:
Roh kudus sebagai pribadi ke-3 Tuhan, dimanakah Yesus menjelaskan hal tersebut?

Tanggapan.
Yesus menjanjikan kepada para murid akan datangnya Roh Kudus.
Yoh 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong (Parakletos) yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran...


Parakletos sebelumnya adalah Yesus sendiri & Parakletos yg lain adalah Roh Kudus.
1 Yoh 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (Parakletos) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. 
Jelas Roh Kudus memiliki esensi yang sama dengan Yesus karena keduanya disebut Parakletos.

Roh Kudus akan mengajar para rasul & mengingatkan & meneruskan apa yang telah diajarkan Yesus.
Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 
Jelas Roh Kudus memiliki pengajaran yang sama dgn Yesus.

Janji Yesus ini kemudian terpenuhi dengan turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta.
Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Kis 2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. 
Kis 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; 
Kis 2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. 
Kis 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. 

Selanjutnya dalam Kisah Para Rasul, kita melihat bagaimana pernyertaan Roh Kudus melalui pertolongan & penghiburanNya.
Kis 9:31 Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus. 

Roh Kudus jelas memiliki kepribadian, dimana dia terlibat aktif dengan para rasul seperti berkata-kata, memberi keputusan, mencegah dan lain-lain.
Kis 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
Kis 13:4 Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus. 
Kis 15:28 Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami, supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban dari pada yang perlu ini:
Kis 16:6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.

Dan Roh Kudus itu adalah Allah.
Kis 5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
Kis 5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

Share:

Tidak ada komentar: